Desember 2008 yang lalu, Saya menulis posting tentang kepuasan menggunakan koneksi internet dari Smart. waktu itu Smart masih promo internet gratis selama 6 bulan lewat paket bundling handphone Hairer, kalau tidak salah harganya sekitar 300 ribu kurang sedikit ^_^
Saat itu koneksinya masih lumayan, apalagi karena posisi di kantor berada di lantai 3 (jadi nggak perlu masang antena segala). Di rumah pun dengan sinyal 1 biji agak lumayan karena masih bisa cek email. Tapi setelah lewat satu tahun lebih mulai terasa "ketidak beresan" dengan layanan koneksi internetnya, mo update blog ini nggak kuat buka blogger.com, mo cek email apalagi, bahkan buka search engine aja luar biasa lama dengan hasil NOT RESPONDING - TRY AGAIN! T_T bete banget!
Mungkin saja penurunan kualitas ini karena jumlah pengguna smart yang terus bertambah. Tetapi seharusnya pihak smart bisa lebih wise dan "smart" dalam melakukan upaya-upaya positif supaya tidak ditinggalkan konsumennya. Dan Saya memilih untuk meninggalkan smart ^_^ meskipun begitu kalau dihitung-hitung sudah lumayan juga biaya internet selama 6 bulan waktu itu sudah tercover dengan nilai bundlingnya yang cuman 300 ribu. Bayangkan saja kalo menggunakan paketnya rumahannya Speedy... 6 x 130 ribu = 780 ribu rupiah!!
Tulisan ini hanya sekedar sharing pengalaman sebagai konsumen salah satu produk seluler di tanah air ini. Dan inilah salah satu poin penting dari peran sebagai seorang Bloger. Ketika kami puas dengan sebuah produk publik, kami akan memuji dan menuliskan referensi dengan senang hati. Tapi bila kami kecewa dengan sebuah produk, maka kami tidak akan ragu-ragu untuk menuliskan keluh kesah kami dalam postingan blog, sangat FAIR! Yang jelas penyampaian rasa puas ataupun kekecewaan kami karena memang benar-benar kami alami dan tidak ada maksud sedikitpun untuk menghujat maupun menjatuhkan suatu nama produk tertentu dengan alasan yang dibuat-buat.
Saya pernah membaca sebuah tulisan dari seorang Romi Satria Wahono (founder ilmukomputer.com), tentang kekecewaannya pada sebuah layanan penerbangan : Mandala Airlines. Dan tahu hasilnya...? Silahkan simak disini. Tulisan itu di posting pada Maret 2008, ratusan komentar masuk dari para Readers yang tentu saja sebagian besar adalah Bloger, bahkan sampai dengan Maret 2010 kemarin masih saja ada yang ikut berkomentar.
Saya pikir banyak sekali manfaat positif yang dapat diambil dari pengalaman-pengalaman para Bloger. Testimoni para Bloger bisa menjadi controlling bagi para produsen untuk tetap menjaga kualitas produk dan layanan mereka. Para produsen harus benar-benar menjaga janji dan komitmen pada konsumen. Berbagai macam iming-iming gratis-lah, discount-lah, semuanya yang hanya bertujuan untuk menarik hati para konsumen, tapi ketika program baru berjalan setengahnya, berbagai macam error bahkan penurunan kualitas pelayanan mulai bermunculan. Jangan mudah berjanji bila tidak mampu menepati, itu namanya membohongi publik!
Dan saran untuk para Readers, bila ingin membeli atau memilih prodeuk atau jasa publik apapun, jangan pernah enggan untuk mencari testimoni lewat Search Engine, simak berbagai macam pengalaman dari orang lain, baik atau buruk. Era internet adalah era kebebasan dan keterbukaan yang harus digunakan demi kebaikan bersama. Ardhios!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar